Sistem Informasi Kecamatan dan Kelurahan Kab Musi Banyuasin (SIKAK MUBA)
Senin, 01 Juli 2024

Rembuk Stunting Kecamatan Sungai Keruh : Upaya menyatukan pemahaman menekan angka stunting


Tebing Bulang, Kecamatan Sungai Keruh - Rabu 26 Juni 2024 Pemerintah kecamatan Sungai Keruh melaksanakan rakor rembuk stunting tingkat kecamatan. Kegiatan ini dihadiri Camat Sungai Keruh Dendi Suhendar, Bapeda diwakili M.Bahrudi, Kepala Puskesmas Dr Asnadi, Danramil,Kapolsek, Bidan Desa, dan seluruh kepala desa Kecamatan Sungai Keruh ,Rabu,( 26/6/2024)  di Balai Serba Guna Kantor Kecamatan Sungai Keruh.

Camat Sungai Keruh, Dendi Suhendar S.E M.S.i  mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah mendeklarasikan komitmen Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin  terkait Intervensi Stunting serta Merumuskan Intervensi Gizi Spesifik untuk mengatasi penyebab stunting.

“Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya Komitmen Bersama yang dituangkan dalam bentuk rencana tindak Lanjut dalam penanganan penurunan stunting di Kecamatan Sungai Keruh ” Ujarnya.

Dilanjutkannya  bahwa masalah stunting sangat penting dan harus ada reaksi atau tindak lanjutnya.

“Stunting adalah masalah masa depan Kabupaten Musi Banyuasin beberapa tahun kedepan  bakalan seperti apa? Bila terjadinya kurang gizi dalam sejak janin dalam kandungan sampai awal kehidupan anak atau umur 2 tahun (1000 Hari Pertama Kehidupan) maka dapat menimbulkan gangguan pertumbuhan pada anak (pertumbuhan fisik dan otak). Apapun yang terjadi, kita harus serius dalam menuntaskan masalah stunting ini” Ungkap Camat

Ia menghimbau agar seluruh Tenaga Medis, Bidan Desa dan Kader Posyandu untuk bekerja sesuai fungsi-fungsi pelayanan kesehatan serta berperan aktif dalam pelayanan kepada masyarakat terutama dalam mensosialisasikan peningkatan kesadaran pemenuhan gizi terhadap anak, merubah pola asuh serta melakukan berbagai langkah yang dirasa perlu guna mewujudkan generasi baru yang sehat, cerdas dan berkualitas baik dari segi fisik maupun mental.

“Kepada seluruh Kepala Desa, Puskesmas, Bidan Desa saya instruksikan untuk mendata seluruh balita dan penderita stunting yang ada di desanya masing-masing. Saya minta agar kita semua bekerjasama terhadap upaya pencegahan dan penurunan stunting diKecamatan Sungai Keruh khususnya”,Ungkap Camat

Camat  juga mengharapkan kepada semua pihak untuk mau dan mampu berperan sebagai agen perubahan sehinga memberi kontribusi nyata terhadap upaya pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Musi Banyuasin.

“Semoga komitmen dan upaya kita bersama untuk menuntaskan masalah stunting serta mewujudkan masyarakat  yang sehat  dan sejahtera dapat terwujud,” Tutupnya ( Nurdin / Iwan)